Kisah Istri Miskin yang Gemar Sedekah

Posted by WANOASRI on 2:32 AM with No comments
Dream - Asma`, salah satu contoh sosok yang dermawan. Meski kondisi ekonominya sangat pas-pasan, putri Abu Bakar as-Shiddiq ini selalu bersedekah.

Asma` bahkan tak pernah menahan hartanya. Tak pernah menahan rezeki sampai esok hari. Apa yang didapat dari sang suami, Zubair bin Awwam, selalu dia salurkan kepada orang yang lebih membutuhkan.

Kedermawanan Asma` sudah tidak diragukan lagi. Bahkan anaknya berkata, "Jika memiliki sesuatu, ibu tidak pernah menyimpannya sampai esok."

Suatu hari, Asma` mendatangi Nabi Muhammad SAW dan menceritakan masalah ekonomi keluarganya, "Apakah aku harus tetap bersedekah, ya Rasulullah?"
Mendapat pertanyaan itu, Nabi pun memberikan nasihat kepada Asma`. Bagaimana jawaban Nabi Muhammad?

Bersedekah / nasehatislami.com

Banyak jalan untuk menyalurkan rezeki kepada siapapun kaum yang kurang mampu. Rezeki tak hanya berupa uang, tapi bisa hal lain. Misalnya makanan dan minuman, pakaian, bahkan benda-benda yang lainnya. Menjadi dermawan dan senang berbagi bukanlah hal yang sulit. 

Tak perlu menunggu menjadi orang yang kaya untuk memberi kepada yang kurang mampu. Sedikit apapun sedekah yang kita berikan, jika kita lakukan dengan ikhlas maka Allah SWT pasti akan membalasnya. Baca : Inilah 10 Dosa besar penghalang rezeki

Seperti kisah seorang wanita sholehah ini. Beliau adalah istri dari Zubair bin Awwam, dialah Asma', putri dari Abu Bakar as-Shiddiq. Asma' bukanlah orang kaya, bukan juga istri dari suami yang kaya, tapi ia sangat dermawan dan rajin bersedekah.

Setiap harinya, ia tak pernah menahan hartanya. Walaupun yang ia dapat dari sang suami pas-pasan, ia tetap bersedekah. Jika memiliki suatu rezeki, tak pernah ia menahan rezeki tersebut hingga esok hari. Baca : Sedekah Rp. 6rb Gadis ini Dibalas jutaan rupiah oleh Allah

Kedermawanan Asma' sudah tidak diragukan lagi. Bahkan anaknya berkata, "Jika memiliki sesuatu, ibu tidak pernah menyimpannya sampai esok." Baca : Ini 3 tingkatan manusia dalam mendapatkan rezeki

Suatu hari, Asma' mendatangi Nabi Muhammad SAW dan menceritakan masalah ekonominya, "Apakah aku harus tetap bersedekah, ya Rasulullah?."

Kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab, "Bersedekahlah, dan jangan menyimpannya. Sehingga Allah SWT akan menyimpan (pemberian-Nya) kepadamu."

Amalan sedekah ini memang mudah dilakukan bagi orang-orang yang yakin bahwa Allah SWT pasti akan mencukupkan kebutuhannya sehari-hari. Jangan khawatir menjadi miskin ketika kamu bersedekah, malah kamu akan menjadi kaya dan lebih kaya karena bersedekah.

Sesungguhnya karunia dan nikmat Allah SWT amatlah banyak.
Categories: ,