Cuka Bisa Bersihkan Noda

Posted by WANOASRI on 2:31 AM with No comments

Cuka bisa bersihkan noda baju. Simak 5 kegunaan ajaib lainnya!


Merdeka.com - Ada cuka di rumah? Cairan satu ini bukan cuma bisa dibuat acar. Sifat asam dalam cuka bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari kecantikan, kesehatan, sampai kebutuhan rumah tangga.

Yuk, simak aneka kegunaan cuka yang bisa kamu manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari yang diramu dari All You berikut ini. Lumayan buat menghemat anggaran belanja bulanan.

1. Menghilangkan bau

Photo credit: Sanitarian.net
Asamnya cuka ampuh untuk menghilangkan segala macam bau tak sedap. Mulai dari bau tak sedap di kulkas, rak, dinding, bekas kotoran hewan peliharaan, sampai peralatan makan yang bau terasi.

Tinggal larutan air dan cuka dengan perbandingan 1:1, kemudian gosokkan pada bagian yang berbau dengan lap. Semua bau tak sedap dijamin langsung hilang. Setelah itu jangan lupa untuk menggosoknya kembali dengan lap basah agar bau menyengat cuka hilang.

2. Membersihkan noda
Photo credit: drycleaningtips.com
Selain menghilangkan bau, cuka juga efektif sebagai pembersih. Cuka bisa menghilangkan noda di cangkir kopi dan teh. Juga bisa menghilangkan noda membandel di karpet. Cukup larutkan cuka dan garam/baking soda dengan perbandingan yang sama. Kemudian gunakan untuk membersihkan cangkir dan noda di karpet.

Untuk membersihkan noda di pakaian, gosok bagian yang ternoda dengan cuka. Setelah itu lap dengan kain bersih. Cara ini ampuh untuk menghilangkan noda deodoran di bagian ketiak baju.

3. Basmi rumput di halaman
Photo credit: www.ibiblio.org
Kadang kita malas membersihkan halaman karena rumput liar cepat tumbuh. Baru dicabuti dua minggu sudah tumbuh lagi.

Agar kamu tidak perlu kerja bakti di halaman tiap minggu, tuangkan saja larutan cuka putih dan air. Tuangkan cuka di bagian yang rumputnya sulit dicabut, agar tidak boros.
4. Membunuh bakteri pada daging
Photo credit: www.fitho.in

Buat yang nekat belanja daging meskipun tempat kosnya tak ada kulkas, simpan daging dengan lumuran cuka agar tidak cepat busuk.

Sifat asam cuka akan membunuh bakteri pembusuk sekaligus menjadikan daging lebih lembut. Larutkan 1/4 cangkir cuka untuk 1 kilogram daging. Lumuri daging dan diamkan 20 menit atau semalaman.

5. Hilangkan goresan pada DVD
Photo credit: www.ontimesupplies.com

Punya DVD yang macet-macet karena tergores? Tingal lap dengan cuka putih yang dituangkan di atas kain lembut. Pastikan DVD benar-benar kering sebelum memasukkannya kembali ke dalam player.

6. Melunturkan pestisida pada sayur
Photo credit: Shutterstock
Bilas buah dan sayuran dengan campuran 2 sendok makan cuka dan semangkuk air. Rendam sayur dan buah di dalam larutan, kemudian bilas hingga bersih. Campuran ini lebih efektif merontokkan residu pestisida daripada air murni.

Nah, itu tadi beberapa kegunaan cuka dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.
Categories: , ,