Kisah Malaikat Izrail Pada Saat Mencabut Nyawanya Sendiri

Posted by WANOASRI on 11:44 PM with No comments
Malaikat Izrail merupakan malaikat yang bertugas untuk mencabut nyawa, lalu bagaimana kisah Malaikat Izrail mencabut nyawanya sendiri? Setiap manusia dan jin takut dengan kedatangan malaikat pencabut nyawa ini karena setiap jiwa masih hidup akan merasakan kematian yang sakitnya sangat dahsyat. Malaikat merupakan makhluk ciptaan Allah yang paling taat sehingga ketika Allah memerintah malaikat Izrail mencabut nyawanya sendiri maka dilaksanakanlah perintah itu. Bagaimana kisahnya?
Kisah Malaikat Izrail Pada Saat Mencabut Nyawanya Sendiri
Inilah Kisah Malaikat Izrail Mencabut Nyawanya Sendiri
Seluruh makhluk yang hidup di dunia ini pasti akan mengalami kematian tidak terkecuali para malaikat, bahkan malaikat pencabut nyawa pun juga mengalami hal ini dan kisah malaikat Izrail mencabut nyawa dirinya sendiri telah ditulis dalam Al-Qur’an. Dalam kitab suci ini juga telah dijelaskan bahwa setiap makhluk yang bernyawa di dunia ini akan mengalami kematian baik cepat maupun lambat.
Datangnya kiamat ditandai dengan ditiupnya terompet sangkakala oleh malaikat Israfil, tiupan terompet itu terjadi sebanyak 3 kali, dari tiupan pertama hingga ketiga akan terjadi beberapa peristiwa berikut, yaitu:
- Tiupan pertama akan menimbulkan ketakutan kepada seluruh makhluk yang ada di bumi dan juga dilangit.
- Tiupan kedua akan membinasakan seluruh makhluk yang ada di bumi dan dilangit.
- Tiupan ketiga akan membangkitkan semua makhluk yang telah mati mulai dari zaman Nabi Adam hingga hari akhir.
Kisah malaikat maut mencabut nyawa dirinya sendiri, yaitu pada tiupan kedua terompet sangkakala. Pada tiupan kedua ini maka seluruh makhluk yang ada di bumi dan juga di langit akan mati kecuali Malaikat Jibril, Malaikat Izrail, Malaikat Israfil, dan Malaikat Arsy. Kemudian Allah memerintahkan kepada Malaikat Izrail untuk mencabut ruh dari ketiga malaikat yang masih hidup dan dengan taat Malaikat Izrail melakukan perintah Allah. Saat ketiga malaikat itu sudah mati, maka tersisa Malaikat Izrail sendiri dengan Allah SWT. Pada saat itu Allah kembali memerintahkan malaikat Izrail mencabut nyawanya sendiri.
Setelah mendengar firman Allah yang memerintahkan dirinya untuk mencabut nyawanya sendiri, maka malaikat Izrail pergi diantara surga dan neraka, di tempat itulah malaikat Izrail melakukan apa yang diperintahkan oleh Allah untuk mencabut nyawanya sendiri.
Ketika ruhnya dicabut maka seketika malaikat Izrail menjerit dengan dahsyat dan jika masih ada makhluk yang masih hidup maka akan seketika meninggal dan binasa akibat mendengar jeritan itu. Pada saat itu malaikat Izrail juga berkata jika dia tahu bahwa sakitnya rasa kematian ini maka dengan dia akan lebih hati-hati dan lebih lembut mencabut nyawa orang mukmin. Inilah kisah malaikat Izrail saat mencabut nyawanya sendiri.
Setelah kematian malaikat Izrail maka Allah SWT membangkitkan kembali malaikat Israfil dan juga malaikat Arsy, kemudian memerintahkan kepada malaikat Israfil untuk meniup terompet sangkakalanya yang ketiga dan menunggu perintah Allah selanjutnya.
Allah SWT kemudian membangkitkan malaikat Jibril dan juga malaikat Mikail dan memerintahkan kepada keduanya untuk mengendarai Buroq untuk membawa perhiasan dari surga ke makam Rosulullah. Sesampainya malaikat Jibril dan Mikail ke makam Rosulullah, kemudian Allah membangkitkan Rosulullah dan barulah seluruh makhluk yang sudah mati dibangkitkan kembali untuk mempertanggungjawabkan semua perbuatan yang mereka lakukan selama di dunia. Dan semua manusia yang telah dibangkitkan akan dikumpulkan di padang mahsyar untuk ditimbang atau dihisab semua amal perbuatan mereka selama di dunia.
Itulah beberapa informasi seputar kisah Malaikat Izrail mencabut nyawanya sendiri yang dapat menjadi renungan dan semoga dapat meningkatkan iman kita kepada Allah SWT.
Categories: , ,