Selasa, 09 Juni 2015

Tips Sukses Jualan Online di Facebook

Posted by WANOASRI on 1:38 AM with No comments
Jumlah pengguna facebook yang semakin hari kian bertambah membuat facebook menjadi salah satu sosial media untuk promosi yang bisa dikatakan sangat potensial.



Jumlah pengguna facebook yang semakin hari kian bertambah membuat facebook menjadi salah satu sosial media untuk promosi yang bisa dikatakan sangat potensial. Tidak hanya satu atau dua saja ditemukan facebook fanpage yang dibuat untuk berjualan maupun berpromosi, namun sudah sangat banyak bahkan tidak terhitung. Semua itu dikarenakan pembuatan halaman facebook sangatlah mudah dan juga gratis.

Strategi Jualan Melalui Facebook

Facebook biasanya digunakan oleh mereka yang sedang mulai merintis bisnis online dan belum membangun website toko online sendiri. Karena itulah ada beberapa strategi yang perlu Anda ketahui dalam hal ini menjalankan facebook marketing.

1. Membangun Brand

Berjualan melalui facebook berarti Anda juga mulai membangun branding yaitu mengenalkan merek Anda pada masyarakat. Branding akan lebih mudah dibangun jika Anda mempunyai akun dengan menggunakan nama produk Anda dibandingkan dengan menggunakan akun pribadi untuk berjualan.

2. Memiliki Sistem Transaksi Yang Matang

Anda harus merencanakan sistem dengan benar dan matang sebelum Anda mulai menjalankannya. Diantaranya mengenai proses order, setelah order masuk, apa langkah selanjutnya, transfernya bagaimana serta bagaimana sistem pengiriman produknya.

3. Memperhatikan Hal Teknis

Mengoreksi hal-hal yang berhubungan dengan teknis adalah sikap yang bijak, seperti :
  • Alamat URL facebok Anda menjadi http://facebook.com/namatoko
  • Privasi foto menjadi public
  • Menampilkan gambar produk sebaik mungkin
  • Sertakan harga dan juga spesifikasi barang, dan masih banyak lagi.

4. Memahami Etika Berjualan

Etika berjualan baik secara online maupun offline adalah sama dan tidak ada bedanya, yaitu menghargai para calon pembeli sehingga tidak ada orang-orang yang merasa terganggu dengan jualan Anda. Disini Anda tidak boleh mengganggu newsfeed friendlist Anda dengan berbagai intervensi. Penjual yang sukses adalah penjual yang mengerti etika dan pandai beramah tamah dengan calon pembeli.

5. Teliti Memilih Target Market

Sering ditemukan para pelaku bisnis yang melakukan tag foto produk kepada sembarangan orang. Padahal perlu Anda ingat bahwa tidak semua orang suka di tag, maka jika Anda ingin memasarkan produk, tag saja orang-orang yang memang benar-benar memintanya. Jika produk yang Anda jual bagus, pastinya akan banyak orang yang tertarik dengan update Anda. Teliti memilih target pasar adalah hal yang sangat penting.

6. Lebih eksklusif? Gunakan Fans Page

Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan akun personal. Namun, jika Anda tidak bisa memperoleh fitur-fitur yang tidak ada di akun personal seperti jumlah fans yang tidak terbatas maka Anda, dapat mengirimkan update kepada semua person yang jadi fans Anda dan lain sebagainya, kenapa masih menggunakan akun personal?

7. Facebook Adalah Viral Marketing

Produk atau barang yang bagus pasti akan cepat menyebar melalui facebook. Para pelanggan yang puas dengan produk Anda tentunya akan memberikan rekomendasi positif yang sangat cepat. Namun berlaku juga sebaliknya. Jadi, berhati-hatilah dan jangan melakukan hal yang bisa mengganggu orang lain.
Satu hal yang perlu diingat oleh para pelaku bisnis online bahwa facebook sebaiknya hanya digunakan dalam jangka waktu pendek. Untuk jangka waktu yang panjang dan bagaimana Anda akan mengembangkan bisnis Anda maka perlu dipertimbangkan lagi, sebaiknya Anda mempunyai website sendiri. Semoga bermanfaat dan salam sukses!
Categories: ,

0 comments:

Posting Komentar

Gallery

Video Of Day

Sponsor